Anggrek Mini : Spesies Terbaru

Thursday, July 12, 2012 | comments



Peneliti Anggrek dari Kebun Raya Purwodadi Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia Metusala,kembali menemukan spesies baru Anggrek.
Spesies yang ditemukan ini bernama Dendrobium Mucrovaginatum Metusala dan J.J.Wood.Jenis ini dikoleksi oleh peneliti Kebun Raya Purwodadi di wilayah Kalimantan Barat pada tahun 2006.

"Salah satu keunikan bunga ini adalah ukurannya yang mini ,diameternya kurang lebih 1cm".kata Destario.

Karakter unik yang lain adalah ujung pelepah daunnya yang memiliki tonjolan sempit yang memanjang berujung runcing.Sifat inilah yang membuat Anggrek ini memiliki nama Mucrovaginatum.
Yang unik lagi adalah karakter bibir bunganya yang memiliki 3 kalus sejajar permukaannya .Sementara bagian ujung bunganya membelah membentuk dua ruang.

Bagian pangkal kelopak samping dan bibir bunganya termodifikasi membentuk tabung memanjang yang berisi cairan nektar.Diduga ,modifikasi ini memungkinkan serangga polinator yang menghisap cairan nektar sekaligus memindahkan polinia (benang sari) ke stigma (putik) membantu reproduksi bunga.

Mucrovaginatum mulai disadari merupakan spesies baru setelah tim peneliti dari Kebun Raya Purwodadi menumbuhkan spesimen dari spesies tersebut dan melihat karakteristiknya.


sumber : kompas
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. tanaman hias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger